PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONVENSIONAL

Brian Selvi Feliciano Septianova(1), Rusiyanto .(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif pada materi menjelaskan komponen/elemen mesin dan pengoperasian mesin bubut untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pembuatan media pembelajaran ini menggunakan perangkat lunak ulead audio visual studio 11, perangkat keras laptop serta materi komponen/elemen mesin dan pengoperasian mesin bubut. Metode penelitian menggunakan metode Quasi-Experimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Terdapat dua kelas dalam penelitian ini yaitu kelas ekperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan media konvensional dan audio visual dan kelas kontrol hanya menggunakan media konvensional. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 5,47 dengan nilai hasil belajar awal sebesar 10,31 meningkat menjadi 15,78 dan kelompok kontrol mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 4,38 dengan nilai hasil belajar sebesar 10,28 meningkat menjadi 14,66.

Keywords

media pembelajaran, audio visual, elemen mesin, pengoperasian mesin bubut

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.