MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR PROYEKSI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL PADA SISWA SMK TEKNIK PEMESINAN

Kiki Hardika Laksono(1), Basyirun .(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui penggunaan media animasi berbasis Adobe Flash Proffesional terhadap hasil belajar mata pelajaran gambar teknik dasar untuk memahami gambar proyeksi Amerika dan Eropa pada siswa SMK Saraswati Salatiga. Penelitian ini menggunakan desain True Eksperimental. Rancangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda karena hanya mengukur hasil belajar membaca gambar proyeksi. Hasil penelitian menunjukan rata-rata skor hasil belajar kelas eksperimen yang mendapatkan treatment menggunakan media animasi berbasis Adobe Flash Proffesional lebih tinggi dari kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ceramah. Peningkatan hasil belajar gambar proyeksi siswa yang menggunakan metode ceramah dengan berbantuan media Adobe Flash Proffesional dibandingkan dengan metode ceramah biasa sebesar 15,79 (19%). Peningkatan hasil belajar siswa membaca gambar proyeksi Amerika dan Eropa yang menggunakan metode ceramah dengan berbantuan media Adobe Flash Proffesional dibandingkan dengan metode ceramah biasa mengalami peningkatan nilai 5.9 (6%).

Keywords

Media, Adobe Flash Proffesional, Gambar proyeksi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.