PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA PRAKTIK SISTEM PENGISIAN

Sugiyono .(1), Dwi Widjanarko(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar dengan siswa yang menggunakan media video pada materi sistem pengisian. Prosedur penelitian yang digunakan adalah desain jenis pre test-post test control group design. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol semula 62,30 meningkat menjadi 73,35 dan terjadi peningkatan sebesar 0,298 yaitu dalam kategori “rendahâ€. Sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar semula 62,15 meningkat menjadi 83,59, sehingga terjadi peningkatan sebesar 0.574 yaitu dalam kategori â€sedang. Selisih peningkatan hasil belajar pada pembelajaran dengan menggunakan media video lebih besar daripada selisih peningkatan pembelajaran dengan menggunakan media gambar (0,574 >0,298).

Keywords

Media video, media gambar, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.