PENERAPAN MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN DAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN MESIN BUBUT CNC DASAR

Danang Bayu Aji(1), Rusiyanto .(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin
(2) Pendidikan Teknik Mesin

Abstract

Tujuan penelitian adalah membuat dan menerapkan modul interaktif dalam pembelajaran CNC dasar dengan divalidasi oleh pakar media dan pakar materi. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis & Mc. Tagart. Subjek penelitian siswa kelas XI TPb SMK Saraswati Kota Salatiga dengan jumlah 34 siswa. Hasil Penelitian menun-jukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul interaktif pemrograman CNC dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran secara bertahap. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan siswa yaitu : dalam peningkatan hasil belajar rata-rata kelas yaitu : 1) Pra tindakan rata-rata kelas yaitu 70.29 dengan 12 siswa (35.29%)  lulus KKM, 22 siswa (64.71%) belum lulus KKM. 2) Siklus I rata-rata kelas 74.26 dengan 21 siswa (61.76%) lulus KKM, 13 siswa (38.24%) belum KKM. 3) Siklus II rata-rata kelas 76.91 dengan 25 siswa (73.53%) lulus KKM, 9 siswa (26.47%) belum KKM.

Keywords

Modul Interaktif, Hasil Belajar, Mesin Bubut CNC

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.