PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM BAHAN BAKAR PGM-FI BERBASIS LECTORA INSPIRE

Dewi Mega Puspitasari(1), M. Burhan Rubai Wijaya(2),


(1) Pendidikan Teknik Otomotif
(2) Pendidikan Teknik Otomotif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan dan keefektifan multimedia pembelajaran interaktif sistem bahan bakar PGM-FI berbasis Lectora Inspire yang dijadikan media pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif kompetensi mengidentifikasi komponen sistem bahan bakar injeksi Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Teknik pengambilan data dilakukan dengan instrumen angket untuk penilaian kelayakan multimedia pembelajaran interaktif dan instrumen tes menggunakan desain one grup pretest-posttest design untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Analisis terhadap instrumen tes yang dilakukan adalah dengan membandingkan hasil tes awal atau pre-test dan tes akhir atau post-test. Hasil penelitian didapatkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif sistem bahan bakar Programmed Fuel Injection (PGM-FI) tersebut memenuhi kriteria sangat valid atau layak dari penilaian ahli, sehingga dapat digunakan sebagai multimedia interaktif untuk pembelajaran. Analisis hasil belajar menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif sistem bahan bakar PGM-FI terjadi peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen.

Keywords

ADDIE, multimedia pembelajaran interaktif, PGM-FI, dan Lectora Inspire

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.