PENERAPAN MEDIA BENDA SEBENARNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN CARA PENGGUNAAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI

Joko Nuryanto(1), Sudarman .(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin
(2) Pendidikan Teknik Mesin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media benda sebenarnya, mengetahui hasil belajar dengan metode ceramah atau tradisional, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi setelah diberi perlakuan antara pembelajaran media benda sebenarnya dengan metode ceramah atau tradisional. Penelitian ini menggunakan Penelitian eksperiman  dengan pendekatan pre-test post-test control group design. Pengolahan data menggunakan dokumentasi dan perhitungan uji-t. Pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu kelas X TP I sebagai kelas eksperimen, X TP II sebagai kelas kontrol, dan kelas XI TP I sebagai kelas uji coba instrumen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 15.78 dengan peningkatan sebesar 4.5 (39.89%), sedangkan rata-rata nilai belajar kelompok kontrol sebesar 14.69 dengan peningkatan sebesar 3.03 (25.98%).

Keywords

media benda sebenarnya, hasil belajar, alat ukur mekanik presisi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.