PENGARUH IKLAN SMK DI TELEVISI TERHADAP MINAT SISWA SMP KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG UNTUK MELANJUTKAN KE SMK

Jatmiko Edi Purnomo(1), - Sudartono(2), Agus Suharmanto(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui tanggapan siswa SMP terhadap iklan SMK ditelevisi, minat siswa untuk melanjutkan ke SMK, dan pengaruh iklan SMK di televisiterhadap minat siswa SMP Kecamatan Candimulyo untuk melanjutkan ke SMK.Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IX (sembilan) SMP yang beradadi Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang yaitu sebanyak 400 orang. Sampelpenelitian ini sebanyak 162 orang, diambil berdasar tabel Isaac dan Michael dengan tarafkesalahan 10%. Hasil penelitian menunjukkan 30,86% siswa SMP memberikantanggapan yang sangat baik, 51,85% memberikan tanggapan baik dan 17,28%memberikan tanggapan kurang baik, berarti bahwa sebagian besar memberikantanggapan yang baik terhadap iklan SMK di televisi. Hasil penelitian menunjukkan19,14% siswa sangat berminat, 57,41% berminat, 20,99% kurang berminat, dan 2,47%tidak berminat, berarti bahwa sebagian besar siswa SMP menyatakan berminat untukmelanjutkan ke SMK. Berdasarkan perhitungan nilai Kd sebesar 45,50%, berarti adapengaruh berarti antara iklan SMK di televisi terhadap minat siswa SMP KecamatanCandimulyo Kabupaten Magelang untuk melanjutkan ke SMK.Kata kunci: iklan SMK di televisi, minat siswa SMP melanjutkan ke SMK

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.