UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR OTOMOTIF KOMPETENSI ENGINE 2 DAN 4 LANGKAH MELALUI MODEL PENGAJARAN TERARAH

Agus Sukaryo(1),


(1) SMK Negeri 1 Warureja, Tegal

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kenyataan, dimana hasil belajar TDO kelas X TKR 2 dibawah  kriteria  ketuntasan klasikal ideal yang ditetapkan sebesar 80 % diatas KKM sebesar  ≥76 atau daya serap perorangan sebesar 76 %. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskripsi komparatif dengan membandingkan nilai tes awal dan tes antar siklus dengan indikator kinerja yang ditetapkan. Sedangkan hasil observasi dan refleksi yang dianalisis dengan diskripsi kualitatif dilakukan secara kolaboratif. Hasil analisis data, dinyatakan: 1). Kondisi awal, bahwa daya serap klasikal yang merupakan hasil belajar sebesar 56,76%. 2). Pada Siklus 1, daya serap klasikal sebesar 78,38% yang berarti masih dibawah ketuntasan. 3). Pada Siklus 2, bahwa daya serap klasikal sebesar 89,19% berada diatas ketuntasan kelas yang ditetapkan yaitu 80%. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar materi Engine 2 dan 4 langkah dengan menerapkan model pengajaran terarah pada siswa kelas X TKR 2 SMK Negeri 1 Warureja Tegal.

Keywords

model pengajaran terarah, hasil belajar, engine 2 dan 4 langkah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.