PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGAMBAR 2 DIMENSI GAMBAR HOLDER TUBE MENGGUNAKAN AUTOCAD ANTARA PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL

Axol Wicaksono(1), Sudarman Sudarman(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin
(2) Pendidikan Teknik Mesin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji  perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran AutoCAD kompetensi menggambar Holder Tube, setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media video AutoCAD dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola pre test – post test group design, yaitu adanya pre test dan post test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol yang semula 66,35 meningkat menjadi 77,65 sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar yang semula 65,24 meningkat menjadi 81,00.  Uji perbedaan hasil belajar pada pembelajaran konvensional dan pembelajaran media video diuji menggunakan uji t dengan thitung adalah 4,48568 dengan ttabel = 1,69 (thitung > ttabel) pada α = 5 % dengan dk = 32. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran  media video tutorial berbeda dengan pembelajaran konvensional pada kompetensi menggambar 2 dimensi gambar holder tube pada siswa kelas XI TKKB SMK Negeri 10 Semarang

Keywords

media video, hasil belajar,menggambar 2 dimensi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.