PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN WHEEL ALIGNMENT

Muhammad Aji Susilo(1), Suwahyo Suwahyo(2),


(1) Pendidikan Teknik Otomotif
(2) Pendidikan Teknik Otomotif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa SMK Negeri 2 Surakarta pada pembelajaran wheel alignment ditunjang oleh media pembelajaran berbasis aplikasi android. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan  Evaluate). Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Hasil penelitian berupa media pembelajaran aplikasi android dibuat dengan software online MIT App Inventor. Media pembelajaran aplikasi android mendapatkan penilaian layak dari ahli materi serta ahli media serta tanggapan sangat positif dari siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar kognitif secara signifikan pada kelas eksperimen yang terbukti oleh hasil thitung (63,3) > ttabel (2,045) dengan taraf signifikansi 0,5. Hasil penelitian ini juga menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 0,71 (nilai gain) dengan kriteria tinggi. Nilai gain tersebut lebih besar dibandingkan nilai gain pada kelas kontrol yang sebesar 0,55 dengan kriteria sedang.

Keywords

media pembelajaran, aplikasi android, hasil belajar, wheel alignment

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.