UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMBUATAN PERHIASAN MATERI PROSES PEMATRIAN LOGAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE

Muhammad Eko Cahyaning Furqon(1),


(1) SMK Negeri 2 Adiwerna, Tegal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas XI Logam 1 SMK Negeri 2 Adiwerna yang terpantau cukup rendah, dimana pada kondisi awal terpantau aktivitas peserta didik kurang bergairah dan bersemangat pada saat  mengikuti mata pelajaran Pembuatan Perhiasan. Subyek penelitian adalah peserta didik Kelas XI Logam 1 yang berjumlah 33 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data meliputi hasil tes tertulis, dan lembar pengamatan. Hasil penerapan model pembelajaran Example Non Example menunjukkan perubahan aktivitas dan hasil belajar yang meningkat pada peserta didik, dimana kondisi awal menunjukkan ketuntasan klasikal hanya 33.3 %, dan hasil Siklus I menjadi 69.69 % dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 93.93 %. Dari data yang dihimpun, menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan signifikan

Keywords

Hasil Belajar, Pematrian Logam, Example Non Example

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.