PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI K3 LAS OXY-ACETYLENE MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT)

Sugeng Haryadi(1),


(1) SMK Negeri 2 Adiwerna, Tegal

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI KKLP 1 SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal dalam proses pembelajaran materi K3 Las Oxy-Acetylene. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan dua kali siklus. Alat pengumpulan data meliputi butir soal tes dan lembar pengamatan proses kegiatan pembelajaran materi K3 Las Oxy-Acetylene. Hasil penelitian menunjukkan: kondisi awal peserta didik masih banyak yang pasif dan sebagian mengantuk dalam mengikuti pelajaran, jumlah yang tuntas sebesar 41,18% rerata nilai 66,47; siklus I aktivitas peserta didik aktif (64,71%) dengan ketuntasan 61,76% rerata nilai 73,24; dan siklus II aktivitas peserta didik sangat aktif (81,51%) dengan ketuntasan 82,35% rerata nilai 85,00. Sehingga melalui penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar materi K3 Las Oxy-Acetylene

Keywords

TGT (Teams Games Tournament), hasil belajar, K3

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.