PENGEMBANGAN MEDIA PERAGA PADA KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI SISTEM INTERMITTENT WIPER

Didik Prasetyo(1), Wahyudi Wahyudi(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji kelayakan peraga sistem intermittent wiper sebagai media pembelajaran dan mengetahui peningkatan penguasaan materi pada mahasiswa setelah belajar menggunakan peraga sistem intermittent wiper. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar validasi ahli untuk penilaian kelayakan peraga dan instrumen soal pilihan ganda untuk penguasaan mahasiswa. Analisis kelayakan peraga dilakukan dengan membandingkan skor yang diperoleh dari validator ahli dengan kriteria kevalidan media peraga yang telah ditetapkan. Sedangkan analisis peningkatan penguasaan materi dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest pada kelompok maupun kelompok kontrol. Hasil penelitian didapatkan bahwa media peraga sistem intermittent wiper tersebut memenuhi kriteria “Layak†sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Selain itu, analisis hasil belajar menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen setelah diberikan pembelajaran menggunakan alat peraga sistem intermittent wiper. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata saat pretest sebesar 38 yang meningkat menjadi 66,871 saat posttest. Dengan demikian, pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 28,871 atau meningkat 75,98%.

Keywords

ADDIE, mahasiswa, pengembangan, penguasaan, sistem intermittent wiper

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.