PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM AC

Luki Zakariya(1), Hadromi Hadromi(2),


(1) Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media peraga dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media peraga pada materi sistem AC. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain jenis Pre Test-Post Test Kontrol Group Design,. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kompetensi dasar memelihara/servis sistem AC (air conditioner)pada kelompok eksperimen yang semula 47,89 menjadi 74,78, sedangkan pada kelompok kontrol yang semula memiliki rata-rata sebesar 46,11 menjadi 81,00. Hasil penghitungan analisis data peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Peningkatan pada kelompok eksperimen yaitu sebesar 0,65 dengan kriteria sedang , sedangkan peningkatan pada kelompok kontrol sebesar 0,516 dengan kriteria sedang.

Keywords

Model Pembelajaran, Problem Basel Learning (PBL), Media Peraga, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.