PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN SIMULASI VIDEO FLUID SIM-P PADA KOMPETENSI MENGGAMBAR DAN MENGINSTAL SISTEM PNEUMATIK

M. Arif Setyo Utomo(1), Wirawan Sumbodo(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini              bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar praktik menggambar dan menginstal diagram system pneumatik dengan menggunakan media video. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretests-posttest control group design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Saraswati Salatiga sebanyak 72 siswa, sedangkan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI TPA sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TPB sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil praktik dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas serta dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar praktik menggambar diagram pneumatik tanpa menggunakan media video dengan rata-rata nilai sebesar 7,21 termasuk dalam kategori baik. (2) Hasil belajar praktik menggambar diagram pneumatik pada siswa kelas XI TPA menggunakan media video dengan rata-rata nilai sebesar 8,10 termasuk dalam kategori baik. (3) Ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar praktik menggambar diagram pneumatik antara kelas eksperimen menggunakan media video dan kelas kontrol tanpa menggunakan media video pada kelas XI SMK Saraswati Salatiga berdasarkan nilai thitung sebesar 8,698 > nilai ttabel sebesar 1,67.

Keywords

media animasi, nilai hasil belajar dan pneumatik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.