PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PENGOPERASIAN MESIN BUBUT
(1) Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan media video untuk meningkatan nilai siswa pada pembelajaran kompetensi dasar mengoperasikan mesin bubut. Penelitian ini menggunakan model eksperimen semu dengan pola Pre-test - Post-test Control Group Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI TP SMK Negeri 5 Semarang. Sampel yang diambil 1 kelas yaitu kelas XI TP 2 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 32 siswa. Kelompok kontrol akan memperoleh pembelajaran tanpa media video, sedangkan kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan menggunakan media video tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video dapat digunakan dalam proses pembelajaran kompetensi dasar mengoperasikan mesin bubut. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi kompetensi dasar mengoperasikan mesin bubut. Pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai sebesar 39,48% dengan skor rata-rata nilai hasil belajar pre-test sebesar 58,88 meningkat menjadi 82,13 pada skor rata-rata nilai post-test.
Keywords
penerapan, media video, mesin bubut
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.