PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENGAYAAN LATIHAN KOMPETENSI MENERAPKAN CARA PERAWATAN ANTILOCK BRAKE SYSTEM (ABS) UNTUK SISWA SMK MUHAMMADIYAH SAMPANG CILACAP

Danu Kuntoro(1), Masugino Masugino(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Otomotif
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan produk modul elektronik ABS yang dikembangkan, mengetahui keefektifan penggunaan modul elektronik ABS dalam meningkatkan hasil belajar siswa, serta mengetahui respon atau tanggapan tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan media modul elektronik ABS yang dikembangkan di SMK Muhammadiyah Sampang, Cilacap. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk diperoleh persentase 95% untuk ahli media dan 96,4% untuk ahli materi, sehingga e-modul memenuhi kategori sangat layak. E-modul ABS terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai pretest 47,31 dan rata-rata nilai posttest 78,62 serta hasil Uji-t diperoleh nilai thitung = 12,05 sedangkan ttabel = 2,00. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata uji N-Gain = 0,595 dengan kriteria sedang. Analisis tanggapan siswa diperoleh 89% termasuk kategori sangat baik.

Keywords

pengembangan, e-modul, ADDIE, ABS (Antilock Brake System)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.