PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 4 KENDAL PADA KOMPETENSI DASAR KOPLING DAN TRANSMISI MANUAL

Dewi Nur Muslimah(1), Suwahyo Suwahyo(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Otomotif
(2) Prodi Pendidikan Teknik Otomotif

Abstract

Dewasa ini perkembangan teknologi begitu pesat, akan tetapi banyak masyarakat belum bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal, tidak terkecuali pelajar SMK. Kurangnya media pembelajaran yang kreatif dan inovatif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran e-modul berbasis discovery learning pada kompetensi dasar kopling dan transmisi manual serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI jurusan TKR SMK Negeri 4 Kendal setelah menggunakan e-modul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan model Four D. Model Four D memiliki empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Desain  penelitian  menggunakan  Pre  Experimental  Design  dengan  model  eksperimental  one  group  pretest  posttest  design.  Jenis  data  yang  dihasilkan  adalah  data  kuantitatif. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji N-Gain. Hasil analisis menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan skor perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 17,57 sedangkan untuk ttabel sebesar 2,04. Uji N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 0,54 dengan kriteia peningkatan hasil belajar sedang.

Keywords

e-modul, discovery learning, hasil belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.