PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 4 KENDAL PADA KOMPETENSI DASAR KOPLING DAN TRANSMISI MANUAL
(1) Prodi Pendidikan Teknik Otomotif
(2) Prodi Pendidikan Teknik Otomotif
Abstract
Dewasa ini perkembangan teknologi begitu pesat, akan tetapi banyak masyarakat belum bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal, tidak terkecuali pelajar SMK. Kurangnya media pembelajaran yang kreatif dan inovatif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran e-modul berbasis discovery learning pada kompetensi dasar kopling dan transmisi manual serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI jurusan TKR SMK Negeri 4 Kendal setelah menggunakan e-modul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan model Four D. Model Four D memiliki empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Desain penelitian menggunakan Pre Experimental Design dengan model eksperimental one group pretest posttest design. Jenis data yang dihasilkan adalah data kuantitatif. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji N-Gain. Hasil analisis menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan skor perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 17,57 sedangkan untuk ttabel sebesar 2,04. Uji N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 0,54 dengan kriteia peningkatan hasil belajar sedang.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.