PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SISTEM KELISTRIKAN ENGINE SEPEDA MOTOR UNTUK SISWA KELAS XI SMK

Muhammad Husni Maulana(1), Wahyudi Wahyudi(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Otomotif
(2) Pendidikan Teknik Otomotif

Abstract

Penggunaan media yang tidak tepat menghambat peserta didik dalam memahami materi sistem kelistrikan engine sepeda motor. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan multimedia sistem kelistrikan engine sepeda motor serta mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik. Proses pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan desain uji coba menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, dan peserta didik kelas XI TBSM yaitu TBSM 1 dan TBSM 2 dengan jumlah masing-masing 30 siswa. Hasil uji validasi ahli media memperoleh skor 178 yang termasuk kategori sangat layak dan ahli materi sebesar 180 yang termasuk kategori layak. Hasil analisis uji-t menunjukkan thitung untuk pretest sebesar 1,03 yang berarti tidak ada perbedaan antara pretest kelas kontrol dan ekperimen dan thitung posttest sebesar 2,26, yang berarti ada perbedaan antara posttest kelas kontrol dan ekperimen. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil uji t kelas kontrol dan ekperimen dimana thitung kelas kontrol sebesar 6,41 dan thitung  kelas eksperimen sebesar 8,86. Peningkatan hasil belajar lebih besar pada kelas ekperimen yang menggunakan multimedia sistem kelistrikan engine sepeda motor.

Keywords

multimedia, sistem kelistrikan, engine, sepeda motor

Refbacks

  • There are currently no refbacks.