UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBUBUT 2 SENTER MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PRODUK BUBUT BAGI SISWA KELAS XI KAYU 1 SMK NEGERI 2 ADIWERNA

Tokharis Tokharis(1),


(1) SMK Negeri 2 Adiwerna

Abstract

Hasil belajar membubut 2 senter belum mencapai hasil yang diharapkan karena hasil tes pada ulangan harian pertama hanya mencapai ketuntatasan belajar secara klasikal sebesar 41,18 % yang berarti masih dibawah kriteria ketuntasan klasikal ideal yang ditetap sebesar 80 % dari jumlah siswa dikelas tersebut, yang telah mencapai nilai hasil belajar individual diatas KKM sebesar ≥ 80 (tuntas individual) atau daya serap perorangan sebesar 80 %. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskripsi komparatif dengan membandingkan nilai tes awal (ulangan pertama) dan tes antar siklus dengan indikator kinerja yang ditetapkan. Sedangkan hasil observasi dan refleksi yang dianalisis dengan diskripsi kualitatif yang dilakukan secara kolaboratif. Dari hasil analisis data, dinyatakan: 1) Kondisi awal, bahwa daya serap klasikal yang merupakan hasil belajar seluruh siswa hanya mencapai sebesar 58,82 % berarti berada dibawah ketuntasan klasikal dari ketentuan yang telah ditetapkan sebesar 80% (kondisi ideal). 2) Pada Siklus 1, bahwa daya serap klasikal mencapai sebesar 67,65 % yang berarti masih dibawah ketuntasan kelas. 3) Pada Siklus 2, bahwa daya serap klasikal mencapai sebesar 82,35 % berada diatas ketuntasan kelas yang telah ditetapkan 80%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar materi membubut 2 senter dengan menerapkan metode alat peraga pada siswa kelas XI Kayu 1 SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal semester genap tahun pelajaran 2018/2019.

Keywords

aktivitas, hasil belajar, membubut, alat peraga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.