Penggunaan Media Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Evaluasi Gambar Potongan di Sekolah Menengah Kejuruan Institut Pendidikan Teknik Karangpanas Semarang

Gandhi Hatmoko(1), Muhammad Khumaedi(2),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mengevaluasi gambar potongan di SMK IPT Karangpanas.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Two-Eksperiment. Desain penelitian menggunakan Two Group Pre-test Post-test design. Populasi sebanyak 42 siswa dan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan cara undian. Pengumpulan data menggunakan test. Validitas instrumen menggunakan judgment expert, kemudian diuji cobakan dan dihitung dengan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan tekniktes retes dengan rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan inferensial. Uji hipotesis menggunakan uji PairedT-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rerata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran adobe flash sebesar 68 masuk dalam kategori hasil belajar rendah, (2) rerata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran adobe flash sebesar 93,3 masuk dalam kategori hasil belajar sangat tinggi, (3) Ada pengaruh media pembelajaran adobe flash terhadap hasil belajar gambar potongan siswa kelas XI jurusan Teknik Pemesinan di SMK IPT Karangpanas, Berdasarkan hasil uji t test t hitung > t tabel yaitu 10,441 > 1,699 dengan signifikansi 0,000 > 0,05. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran adobe flash berpengaruh terhadap hasil belajar gambar potongan siswa kelas XI jurusan Teknik Pemesinan di SMK IPT Karangpanas.

Keywords

Media pembelajaran Adobe Flash, Hasil belajar, Gambar potongan.

Full Text:

PDF

References

Arif S. Sadiman. (1986). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arif S. Sadiman. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Andhini Meika Sari. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Mata Pelajaran IPS SMP. Tesis S2. Yogyakarta: PPS UNY.

Danim Suwardan. (1995). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara D. John Latuheru. (1988). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud

Eka Yogaswara. 1995. Gambar Teknik Mesin SMK. Bndung: CV. Armico G. Takhesi Sato. 2000. Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Jakarta: PT. Pertja.

Hardiyanto, Widi. 2012. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash 8 Guna Meningkatkakan Motivasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sifat Mekanik Bahan Kelas X Tkj 2 SMK Batik

Perbaik”. Radiasi. Vol 1. No.1. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Imam Supadi. 1987. Efektivitas Penggunaan Media Pengajaran dalam Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.

John D. Latuheru. 1988. Media Pembelajaran Dalam PBM Masa Kini. Jakarta: Depdikbud.

Mukmin. (1998). Paradigma Pembelajaran Dalam KBK, Makalah: BPG. Yogyakarta.

Nana Sudjana & Rivai A. (2002). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensino.

Ngalim Purwanto. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2005). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru

Sadiman, et al. 2005. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan

Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syah Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Yuda Ramadianto, Anggra. 2008. Membuat Gambar Vektor dan Animasi Atraktif dengan Flash Professional 8. Bandung: Yrama Widya.

Yudhiantoro, Dhani. 2006. Membuat Animasi Web dengan Macromedia Flash Profesional 8. Yogyakarta: ANDI.

PT. TOYOTA-ASTRA MOTOR. 1995. New Step 1 Training Manual. Jakarta: PT Toyota Astra Motor.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and

Development). Cetakan Kesepuluh. Bandung: Alfabeta.

Sujadi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Wenang Dwi P, dkk. 2014. Pengembangan E-book IPA terpadu Tema Suhu dan Pengukuran untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal 3(3): 602.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.