Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Media Model untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Proyeksi Ortogonal

Catur Pamungkas(1), Muhammad Khumaedi(2),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan, keefektifan peningkatan hasil belajar, dan kepraktisan video pembelajaran menggunakan media model pada kompetensi menggambar proyeksi ortogonal. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TP SMKN 1 Semarang yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dan masing-masing kelas berisi 30 siswa. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media sangat layak untuk digunakan, lalu hasil analisis deskriptif dan uji t menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol, dan pengujian kepraktisan menunjukkan bahwa media praktis untuk digunakan.

Kata kunci: media model, proyeksi ortogonal, hasil belajar

Keywords

media model, proyeksi ortogonal, hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Khumaedi, M.. 2019. Assessment of Teaching Material in Mechanical Engineering Drawings. Vanos: Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 4 (2): 23-32.

Khumaedi, M.. 2007. Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Membaca Gambar Proyeksi Menggunakan Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Model. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 14 (1): 62-68.

Mujiarto, A. Djohar, M. Komaro, A. S. Pratiwi, dan T. Muhammad. 2018. The Development of Multimedia Engineering Drawing Animations for Increasing Vocational High School Students Competency in Indonesia. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education, and Humanities Research, Vol. 299: 313-315.

Mursid, R. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik dan Kemampuan Spatial Visualization terhadap Kompetensi Menggambar Proyeksi Orthogonal. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 18 (3): 215-229.

Najahah. 2015. Potensi Daya Serap Anak Didik terhadap Pelajaran. Jurnal Lentera, Vol. 1 (2): 159-171.

Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor 464/D.D5/KR/2018. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). 9 Juni 2017. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018. Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). 14 Desember 2018. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1689. Jakarta.

Septian, A. dan J. Tampubolon. 2015. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) terhadap Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Meulaboh. Jurnal Educational Building, Vol. 1 (1): 70-78.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Keduapuluh Lima. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.