PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VLOG TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PERAWATAN SISTEM UTAMA ENGINE DAN MEKANISME KATUP

Arif Budiman(1), Ayub Budhi Anggoro(2),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Berdasarkan data nilai kelas XI TKRO 1 SMK Muhammadiyah 2 Semarang pada kompetensi dasar perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup diketahui rata-rata nilai siswa sebesar 17,06 dari KKM 75. Rendahnya nilai siswa tersebut salah satunya dipengaruhi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran vlog yang layak dan dapat meningkatkan penguasaan kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penilaian ahli media mendapatkan persentase 80,72% (sangat layak) dan ahli materi dengan persentase 91,07% (sangat layak). Media pembelajaran vlog masuk dalam kategori “sangat memuaskan” berdasarkan persepsi siswa dengan persentase sebesar 89,63%. Berdasarkan uji N-gain media pembelajaran vlog terbukti dapat meningkatkan penguasaan kompetensi siswa dengan kategori sedang (nilai gain sebesar 0,565 berada di antara 0,7 ˃ N-gain ≥ 0,3), serta rata-rata nilai siswa telah mencapai ketuntasan penguasaan kompetensi dari KKM sebesar 75 (hasil One Sample Test nilai Sig. 0,212 > 0,05).

Keywords

Media Pembelajaran Berbasis Vlog, Sistem Utama Engine dan Mekanisme Katup, Metode Penelitian dan Pengembangan, ADDIE

Full Text:

PDF

References

Abdullah, A. R. (2017). Vlog Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Peserta Didik. Prosiding Semnas KBSP V, 310–312.

Amalliah, & Yunita, R. (2020). Media Vlog Sebagai Strategi Komunikasi Dalam Metode Pembelajaran Di kalangan Siswa Dalam menghadapi Pandemic Covid 19. Jurnal Akrab Juara, 5(3), 19–32.

Anggoro, A., & Surjono, H. (2019, July). Development of blended learning model based on student learning style in vocational high school lathe machining practice. In 6th International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2018) (pp. 32-39). Atlantis Press.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development Uji Produk Kuantitatif Dan Kualitataif Proses Dan Hasil. Literasi Nusantara.

Minsih, & Galih, A. D. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 20–27.

Pemerintah Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. In Standar Nasional Pendidikan (pp. 1–49). Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6676.

Premana, A., Ubaedillah, & Pratiwi, D. I. P. (2021). Peran Video Blog Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 132–138.

Priana, R. Y. S. (2017). Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran Terintegrasi Tekhnologi Informasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 313–316.

Ramli, M. (2012). Media Dan Teknologi Pembelajaran (1st ed.). IAIN Antasari Press.

Taufikurachman, I. E., Kusuma, I. H., & Permana, T. (2019). Penggunaan media video pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif di sekolah menengah kejuruan. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 57–63.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.