HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR DENGAN KECEPATAN MENGGAMBAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR MANUFAKTUR KELAS XII

Ambar Isna Azizah(1), Didin Zakariya Lubis(2), Wiwik Mardiana(3),


(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) SMK Negeri 1 Blitar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan membaca gambar dengan kecepatan menggambar 3D siswa kelas XII SMKN 1 Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah 136 siswa dan yang digunakan sebagai sampel adalah sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Dalam proses pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah teknik tes. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca gambar dengan kecepatan menggambar 3D kelas XII TPM di SMKN 1 Blitar. Taraf signifikansi di dapatkan sebesar 0.000 atau lebih kecil dari 0.05. Selain itu, hubungan keduanya memiliki derajat korelasi sebesar 0.931 yang berarti sangat tinggi.

Full Text:

PDF

References

Barseli, M, dkk. 2018. Hubungan Stres Akade-mik Siswa dengan Hasil Belajar. Pen-didikan Indonesia EDUCATIO, 4 (1). e-ISSN: 2477-0302.

Gunawan, G. 2019. Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Cigudeg Bogor. Pendidikan dan Pengajaran, 2 (1). e-ISSN: 2654-5349.

Iswanda, A, dkk. 2020. Hubungan antara Ke-mampuan Membaca Gambar Teknik Me-sin dengan Kemampuan Kerja Pemesinan pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Sawahlunto Tahun Pelajaran 2019/2020. VOMEK, 2 (4). e-ISSN: 2656-1697.

Nasir, A., & Rusiyanto. 2013. Hubungan antara Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Teknik Mesin dengan Hasil Belajar Kompetensi Proses Pekerjaan Membu-but. Pendidikan Teknik Mesin, 13 (2): 49-55.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, A., & Prihadi, K. 2018. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Matematika, 17 (2). ISSN: 1412-5056.

Yulia, dkk. 2020. Penerapan Model Pembelaja-ran Kooperatif Tipe SAVI (Somatic, Au-ditory, Visual, dan Intellectualy) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV UPT SDN 106 Pinrang. Publikasi Pendidikan. e-ISSN: 2548-6721.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.