PERLINDUNGAN KOROSI DI PERKAPALAN

muhammad sofian(1), Ananda Yhuto Wibisono Putra(2), Dea Naura Sabrina(3), Vanitour Ayu(4), Mochammad Akmal robidin(5), Muhamad Fauzan alkarim(6), Wahyu Hidayat(7),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(4) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(5) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(6) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(7) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Korosi merupakan kerusakan Hal ini disebabkan oleh reaksi kimia antara bahan logam dan unsur alam lainnya.Korosi adalah serangan destruktif pada logam melalui reaksi kimia atau elektrokimia dengan lingkungan. Strukturnya metalik atau non-logam, korosi dapat mengakibatkan biaya yang sangat tinggi, kapal terbuat dari baja, terdapat kelemahan teknis akibat laju korosi kapal,berkurangnya umur kelelahan, kekuatan tarik, Degradasi sifat mekanik material lainnya. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui laju korosi pada kapal dan cara pengendalianya. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi literatur secara sistematis meninjau pustaka dalam bentuk artikel ilmiah, buku, disertasi dan disertasi dari sumber perpustakaan terpercaya lainnya. Ada kelemahan teknis dialami akibat korosi kecepatan kapal, berkurangnya umur kelelahan, kekuatan tarik, Degradasi sifat mekanik material lainnya. Korosi pada konstruksi kapal tidak dapat dihilangkan tetapi hanya diperlambat perkembangannya. Korosi adalah dapat penyebababkan  menurunnya kekuatan plat lambung kapal, mengurangi kecepatan kapal, serta mengurangi jaminan keselamatan dan keamanan muatan dan penumpang. Pembuatan jurnal kali ini kita membahas pengertian korosi dan juga jenis jenis korosi dan juga bagaimana cara pengendalian korosi mengetauhi bagian bagian yang rawan korosi di kapal.

Keywords

jenis jenis korosi,kapal,perlindungan inhibitor

Full Text:

PDF

References

Afandi, Y. K., Arief, I. S., Teknik, J., Perkapalan, S., & Kelautan, F. T. (2015). Analisa Laju Korosi pada Pelat Baja Karbon dengan Variasi Ketebalan Coating. 4(1), 1–5.

Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus pada SLB di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 21. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30

Bayuseno, A. P. (2009). ANALISA LAJU KOROSI PADA BAJA UNTUK MATERIAL KAPAL DENGAN DAN TANPA PERLINDUNGAN CAT. 11(ii), 32–37.

halimatuddahliana. (2003). pencegahan korosi dan scale pada proses produksi minyak bumi. 1–8.

Hudi, F. A., & Rildova. (2013). Analisis desain Sacrificial Anode Cathodic Protection pada jaringan pipa bawah laut. Tugas Akhir Prodi Teknik Kelautan Institut Teknologi Bandung, 1–21.

Ihza Mahendra, T., & Dwistiono. (2022). Proteksi Katodik Menggunakan Zinc Anode Untuk Menghambat Korosi Pada Lambung Kapal Port Link Vii Jakarta. Hexagon Jurnal Teknik Dan Sains, 3(1), 56–62. https://doi.org/10.36761/hexagon.v3i1.1492

Jokosisworo. (2012). STUDI KOMPARASI PIPA SCH 40 GALVANIZE DENGAN SCH 40 NON GALVANIZE PADA SISTEM PIPA BALLAST DIKAJI DARI SEGI TEKNIS DAN EKONOMIS. 1–4.

Karyono, T., Budinto, & Pamungkas, R. G. (2017). Analisis Teknik Pencegahan Korosi Pada Lambung Kapal dengan Variasi Sistem Pencegahan ICCP Dibandingkan dengan SACP. Jurnal Pendidikan Profesional, 6(1), 7–17.

Kurniawan, W. D., & Periyanto, P. (2019). Proses Sandblasting dan Coating Pada Kapal di PT. Dok Perkapalan Surabaya. Otopro, 13(2), 44. https://doi.org/10.26740/otopro.v13n2.p44-53

Nova, S., & Misbah, N. (2012). Analisis Pengaruh Salinitas dan Suhu Air Laut Terhadap Laju Korosi Baja A36 pada Pengelasan SMAW. Jurnal Teknik Its, 1(1), 75–77.

Nugroho, F. (2015). Penggunaan Inhibitor Untuk Meningkatkan Ketahanan Korosi Pada Baja Karbon Rendah. Angkasa, 7(1), 151–158.

Ofori, D. A., Anjarwalla, P., Mwaura, L., Jamnadass, R., Stevenson, P. C., Smith, P., Koch, W., Kukula-Koch, W., Marzec, Z., Kasperek, E., Wyszogrodzka-Koma, L., Szwerc, W., Asakawa, Y., Moradi, S., Barati, A., Khayyat, S. A., Roselin, L. S., Jaafar, F. M., Osman, C. P., … Slaton, N. (2020). PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KOROSI PADA LAMBUNG KAPAL MV. MANALAGI YASA UNTUK MEMAKSIMALKAN USIA LAYAK PAKAI KAPAL. Molecules, 2(1), 1–12. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201

Respati, S. M. B. (2006). Ketebalan Pelapis Pipa Air Untuk Mencegah Dari Korosi Luar Dengan Hot Dipping Galvanic. 2, 31.

Salim, S. (2019). Pencegahan Korosi Kapal Dengan Metode Pengecatan. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 17(2), 93–99. https://doi.org/10.33489/mibj.v17i2.213

SASONO, E. J. (2010). KORBAN PADUAN ALUMINIUM PADA PELAT BAJA KAPAL AISI E 2512 TERHADAP LAJU KOROSI DI DALAM MEDIA AIR LAUT KORBAN PADUAN ALUMINIUM PADA PELAT BAJA KAPAL AISI E 2512 TERHADAP.

Sidiq, M. F. (2002). Electrochemical process. Metal Finishing, 100(2), 123. https://doi.org/10.1016/s0026-0576(02)80201-x

Sudjasta, B., Suranto, P. J., Setiani, H., Studi, P., Perkapalan, T., & Selatan, J. (2018). MENCEGAH KOROSI PADA LAMBUNG KAPAL KAPAL GENERAL. 14, 209–215.

Sulaiman. (2012). Pencegahan Korosi Dengan Boiler Water Treatment (Bwt) Pada Ketel Uap Kapal. Kapal, 4(1), 35-39–39.

Utomo, B. (2009). Jenis korosi dan penanggulangannya. 6(2), 138–141.

Utomo, S. (2015). PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN NaNO 2 SEBAGAI INHIBITOR TERHADAP LAJU KOROSI BESI DALAM MEDIA AIR LAUT. Jurnal Teknologi, 7(2), 93–103.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.