PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN CREATIVE THINGKING DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK
(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan creative thingking dan motivasi belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas x teknik pemesinan SMK Turen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, lembar observasi, pengisian soal tes creative thingking dan penyebaran kuesioner motivasi belajar. Pengumpulan data tersebut digunakan untuk mendapatkan data yang relevan dengan permasalahan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan creative thingking dan motivasi belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif oleh peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran.
Kata kunci: kooperatif tipe jigsaw, creative thingking, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Alfian. (2020). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan pada Kelas VIII SMP Guppi Samata. Universitas Muhammadiyah Makassar: Skripsi.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi aksara.
Astuti, R. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Animasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Protista Kelas X SMAN 1 Mentaya Hilir Utara. Palangkaraya: Skripsi.
Dewi, A. K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Siswa Pada Praktikum Gambar Proyeksi Orthogonal. Journal of Mechanical Engineering Education. 6(2).
Febrianti, Y., Djahir, Y., Fatimah, S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA NEGERI 6 PALEMBANG. Universitas Sriwijaya: Jurnal Pendidikan.
Firdaus, As’ari, R. A., Qohar, A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open Ended Pada Materi SPLDV. Universitas Negeri Malang: Jurnal Pendidikan.
Hamdayama, J. (2017). Memahami dan Membuat Penelitian Tindakan Kelas Paduan Mudah Membuat PTK. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Khoirotunnisa, A. U. (2021). Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Matakuliah Statistik. Bojonegoro: Jurnal Pendidikan.
Khuluq, Z. H. (2021). Penerapana Metode Kooperatif Tipe SAVI (Somatic Auditory Visual and Intellectual) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Siswa Kelas X Teknik Pemesinan di SMKN 1 Blitar. Universitas Negeri Malang: Skripsi.
Nurliawati, A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Universitas Negeri Malang: Skripsi.
Putra, M. I., Refdinal, dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar pada Mata Pelajaran Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bangkinang. Universitas Negeri Padang: Jurnal Vokasi Mekanika.
Rahmawati Rima. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: Skripsi.
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 6 METRO. Universitas Nahdlatul Ulama Lampung: Jurnal Pendidikan.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadirman, A. M. (2005). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sukarmini, N. N., Suharsono, N., Sudarman, I K. (2016). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Belajar Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA NEGERI 1 MANGGIS. Universitas Pendidikan Ganesha: Jurnal Pascasarjana.
Susanti, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X TKJ 1 SMKN 1 Kayuagung. Universitas Negeri Yogyakarta: Skripsi.
Susilo, H., Chotimah, H., Sari, Y. D. (2011). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.
Universitas Negeri Malang. (2017). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.
Widarta, G. M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. SMA Negeri 1 Marga: Jurnal Pendidikan.
Wulandari, C. D. (2016). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis IT pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV C SDN Ungaran 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Yogyakarta: Skripsi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.