PENGGUNAAN PANEL PERAGA POWER WINDOW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI KELISTRIKAN TAMBAHAN
(1) Alumni Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar menggunakan panel peraga sistem
power window dan tidak menggunakan panel peraga power window serta mengetahui peningkatan hasil belajar kompetensi kelistrikan pada siswa yang menggunakan panel peraga sistem power window dibanding hasil belajar siswa tanpa menggunakan panel peraga power window. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Keahlian Teknik otomotif SMK Nusantara 1 Comal berjumlah 126 siswa. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan kelas XI TKR1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI TKR3 sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen (pre test) sebesar 43,26 dan rata-rata (post test) sebesar 75,9. Sedangkan kelas kontrol (pre test) sebesar 46,88 dan rata-rata (post test) sebesar 66,58. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa menggunakan panel peraga power window dapat meningkatkan hasil belajar siswa daripada tanpa panel peraga power window.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.