PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER Z
(1) SMK Bhakti Kudus
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi perbaikan rangkaian sistem penerangan sepeda motor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pola control group pre test post test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X TKR SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil 2 kelas, didapatkan kelas X TKR 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TKR 4 sebagai kelompok kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar kelas kontrol yaitu rata -rata awal sebesar 5,05 setelah pembelajaran menjadi 6,93. Sedangkan kelas eksperimen rata-rata awal sebesar 5,26 setelah pembelajaran menjadi 7,89. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata data hasil post test diperoleh perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 2,63 (50,08%) sedangkan kelas kontrol 1,88 (37,23%).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.