MENINGKATKAN KOMPETENSI MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN BUBUT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER

Mugi Waluyo(1), Boenasir Boenasir(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan kooperatif tipe learning together pada kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin

bubut. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Variabel hasil dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa,  adapun pembelajaran dengan menggunakan kooperatif tipe  learning together sebagai  variabel tindakan.

Analisis  data  menggunakan  deskriptif  presentase,  dengan  menghitung  nilai  rata-rata  pada  tiap  siklus.  Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa pada kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut. Hasil tes untuk kerja siklus I nilai rata-rata 76,00 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,91, nilai rata-rata yang di atas nilai KKM yaitu 75.00. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe learning together pada kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut telah berjalan dengan baik karena kualitas belajar siswa yang mengikuti pembelajaran kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut mengalami peningkatan 4,91 %.

Keywords

pekerjaan dengan mesin bubut, learning together, cooperative learning,prestasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.