PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI CVT MENGGUNAKAN ENGINE CUTTING CVT STAND MATA KULIAH SEPEDA MOTOR DAN MOTOR KECIL
(1) Alumni Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar sesudah menggunakan alat peraga engine cutting CVT stand sepeda motor (skubek). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang angkatan 2009 peserta mata kuliah Praktik Sepeda Motor dan Motor Kecil yang terdiri dari 3 rombel dengan jumlah 87 mahasiswa. Sampel diambil dengan metode random sampling, kemudian diperoleh rombel 3 sebagai kelompok kontrol dan rombel 1 sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi, observasi. Hipotesis diuji dengan uji t menggunakan rumus uji t pihak kanan. Nilai rata-rata pretest kelompok kontrol 58,8 menjadi 70,8 atau terjadi peningkatan sebesar 12 (16,95%). Pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar kompetensi CVT yang semula 59,17 menjadi 80,69, sehingga ter- jadi peningkatan sebesar 21,52 (26,67%). Hasil uji t menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media peraga engine cutting CVT stand.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.