EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISTEM SUSPENSI DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUCTIONAL MATERIALS PADA MATA DIKLAT CHASIS DAN SISTEM PEMINDAHAN DAYA

Achmad Zajid(1), Samsudi Samsudi(2),


(1) Alumni Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan sebuah media pembantu praktek siswa menggunakan instructional materials dalam kompetensi memperbaiki sistem suspensi pada mata diklat chasis dan sistem pemindahan daya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Randomized Control Group Pre test-Post test. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Kudus tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 2 dan 3 Teknik Kendaraan Ringan. Hasil analisis nilai rata-rata yang diperoleh untuk kelas kontrol pre test sebesar 59,14 dan post test sebesar 65,06 dan untuk kelas eksperimen nilai rata-rata kelompok pre test sebesar 58,83 dan post test sebesar 76,71. Peningkatan hasil belajar kelompok pre test dan post test kelas kontrol sebesar 10,01 % dengan menggunakan job sheet biasa sedangkan dengan menggunakan instructional materials peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 30,39 %.

 

Keywords

instructional materials, sistem suspensi, hasil belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.