PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR OTOMOTIF

Rison Ardiningcahyo(1), Agus Suharmanto(2),


(1) Alumni Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Otomotif. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan. Desain Penelitian yang digunakan adalah eksperimen jenis control group pre test-post test. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Otomotif. Metode Pengumpulan data dalam penelitian adalah metode dokumentasi  dan  tes.  Analisis  instrumen  digunakan  uji  validitas,  reliabilitas,  daya  pembeda,  taraf  kesukaran. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post test dapat mencapai nilai rata-rata kelas yang lebih tinggi daripada hasil pre test.

Keywords

hasil belajar, pembelajaran kooperatif, STAD, pengetahuan dasar otomotif

Refbacks

  • There are currently no refbacks.