PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL

Awaludin Ahmad(1), Hadromi Hadromi(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendesain model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi sistem pengapian konvensional (2) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari siklus I adalah: (a) keaktifan siswa masih kurang (b) siswa masih kurang terfokus dalam diskusi kelompok (c) rata-rata hasil belajar siswa belum memenuhi KKM 75. Dilanjutkan ke siklus II dengan hasil: (a) keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat dari 52,5% menjadi 88% (b) siswa sudah terfokus dengan kegiatan diskusi kelompok dari 25,9% menjadi 86,1% (c) rata-rata hasil belajar siswa telah me- menuhi KKM dari 69,97 menjadi 81,05. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 4 kelas X TKR 1 pada materi sistem pengapian konvensional.

Keywords

pembelajaran kooperatif, model STAD, nilai siswa, materi sistem pengapian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.