PENINGKATAN PENGUASAAN PRAKTIK SISTEM STARTER MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENGUKURAN

Hariyahya Arfidiansyah(1), Dwi Widjanarko(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Nilai  siswa  dalam  pelatihan  kelistrikan  otomotif,  sebelum  dan  sesudah  video  berbasis  pengukuran diterapkan,  menjadi  fokus  utama  dalam  penelitian  ini.  Berdasarkan  ancangan  Pretest-Posttest  Control Group, penelitian ini menyelidiki 147 siswa dari 4 kelas kelas 9 dari TOKR SMK YPT, di Kota Tegal. Mereka adalah peserta pelatihan kelistrikan otomotif. 33  siswa dipilih secara acak bertujuan (purposive sampling) sebagai kelompok kontrol dan  33  siswa  sebagai kelompok eksperimen. Pembelajaran menggunakan video  berbasis pengukuran diberikan pada kelompok eksperimen sedangkan video sistem starter diberikan kepada kelompok kontrol. Dite- mukan bahwa skor rata-rata siswa dalam kelompok kontrol meningkat 17,50% dari nilai rata-rata sebelumnya 59,09 menjadi 76,59, sedangkan skor pada kelompok eksperimen juga meningkat lebih tinggi sebesar 30,69% dari nilai  rata-rata  sebelumnya  56,73  menjadi  87,42.  Oleh  karena  itu, pembelajaran  dengan  menggunakan  video berbasis pengukuran terbuki efektif dalam meningkatkan penguasaan praktik sistem starter pada Pelatihan Keli- strikan Otomotif.

Keywords

peningkatan penguasaan praktik, sistem starter, video berbasis pengukuran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.