PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCATION GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMELIHARA TRANSMISI OTOMATIS DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA

M. Eko Budi Rahayu(1), Masugino .(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui adakah perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan media berbasis education game pada kompetensi memelihara transmisi otomatis dan komponen-komponennya dibandingkan dengan siswa yang tidak diajar menggunakan media education game. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian quasi- experimental dan pendekatan non-randomized control group pre test-post test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Pekalongan. Sampel penelitian di peroleh dengan cluster sampling yaitu siswa kelas XI TKR 1 dan 2 yang berjumlah 65 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan media pembelajaran berbasis education game hasil belajarnya tidak berbeda secara signifikan dengan siswa yang diajarkan tanpa media berbasis education game.

Keywords

game, education game, transmisi otomatis, dan media pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.