PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MODUL PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM KEMUDI
(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara learning cycle 5E berbantuan modul dan model pembelajaran ekspositori pada kompetensi memperbaiki sistem kemudi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experiment dengan pola nonequivalent control group design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII TKR SMK Texmaco Pemalang tahun ajaran 2013/2014 menempuh kompetensi memperbaiki sistem kemudi yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 70 siswa. Penentuan sampel diambil dengan metode purposive sampling, kelas XII TKR 1 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelas XII TKR 2 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 36 siswa. Rata – rata hasil studi kompetensi memperbaiki sistem kemudi pada kelompok eksperimen yang semula 59,85 menjadi 84,71 atau terjadi peningkatan sebesar 41,52%, sedangkan pada kelompok kontrol yang semula memiliki rata –rata sebesar 62,86 menjadi 72,97 atau terjadi peningkatan sebesar 16,08%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.