MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KOMPETENSI MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN

Riendy Wardhana(1), Murdani .(2), Wirawan Sumbodo(3),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(3) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain model Make a Match pada mata pelajaran memahami dasar-dasar mesin, serta membuktikan adanya peningkatan prestasi belajar memahami dasar-dasar mesin setelah diterapkan model pembelajaran Make a Match. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan setiap siklusnya meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal dari pre-test, siklus I, dan siklus II. Pada kegiatan pre-test, siswa yang tuntas hanya 17 siswa atau 53,125%. Selanjutnya pada siklus I, siswa yang termasuk dalam kategori tuntas meningkat menjadi 23 siswa atau 71,875%. Hal ini berartiĀ  mengalami peningkatan sebesar 18,75% dari pre-test. Kemudian pada siklus II meningkat kembali menjadi 84,375% atau 27 siswa tuntas KKM. Berarti dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,5%. Dari penjelasan di atas bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match efektif untuk meningkatkan kompetensi memahami dasar-dasar mesin.

Keywords

make a match, dasar-dasar mesin, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.