PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL

Imron Setiyadi(1), Masugino .(2),


(1) Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adakah perbedaan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori pada kompetensi memperbaiki sistem bahan bakar diesel. Jenis penelitian adalah true experiment design dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data  penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Palapa Semarang tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 144 siswa. Sampel diambil dengan metode simple random sampling, sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 33 siswa dan kelompok eksperimen yang berjumlah 28 siswa. Kelompok kontrol akan diberikan model pembelajaran ekspositori, sedangkan kelompok eksperimen diberikan model inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada nilai yang menerapkan model pembelajaran ekspositori. Hasil uji t menunujukan adanya peningkatan hasil belajar yang signfikan pada siswa yang menggunakan pembelajaran model inkuiri terbimbing dibandingkan dengan pembelajaran model ekspositori.

 

Keywords

Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Sistem Bahan Bakar Diesel

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.