PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM PENDINGIN
(1) Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh penerapan model pembeljaran direct instruction terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR kelas XI TKR di SMK Panca Bhakti Rakit sebanyak 61 siswa dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling sebanyak 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Berdasarkan hasil uji-t terhadap data hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model direct instruction pada kelompok eksperimen dan metode konvensional pada kelompok kontrol diperoleh nilai thitung = 5,002 > ttabel = 2.00 pada 1-α dengan dk = 59. Berdasarkan hasil analisis pada post-test menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dan ini diperkuat dari hasil analisis statistik yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada materi sistem pendingin setelah menggunakan model pembelajaran direct instruction
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.