PENGEMBANGAN PERAGA TRAINER ELEKTROMAGNETIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP KELISTRIKAN DASAR
(1) Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan dan keefektifan peraga trainer elektromagnetik dijadikan media pembelajaran kompetensi memahami dasar-dasar listrik. Penelitian ini menggunakan metode research and development model ADDIE, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket untuk penilaian kelayakan peraga dan instrumen tes menggunakan desain pretest-posttest control grup design untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Analisis terhadap instrumen tes yang dilakukan adalah dengan membandingkan hasil tes awal/pre-test (sebelum diberikan perlakuan) dan tes akhir/post-test (setelah diberikan perlakuan). Hasil penelitian didapatkan bahwa peraga trainer elektromagnetik memenuhi kriteria sangat valid dari penilaian ahli dan tanggapan siswa, sehingga dapat digunakan sebagai media peraga untuk pembelajaran. Analisis hasil belajar menunjukkan bahwa setelah diberikan pembelajaran menggunakan peraga trainer elektromagnetik terjadi peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen. Peningkatan menggunakan peraga trainer elektromagnetik sebesar 38,01%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa alat peraga yang telah dikembangkan valid dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan tanpa menggunakan alat peraga
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.