KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK BIDANG KEAHLIAN TKR

Canto .(1), Samsudi .(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM) dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada materi sistem kemudi. Prosedur penelitian yang digunakan adalah desain jenis pre test-post test control group desaign. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata – rata hasil studi kompetensi memperbaiki sistem kemudi pada kelompok eksperimen yang semula 51,26 menjadi 73,71 atau terjadi peningkatan sebesar 17,97%, sedangkan pada kelompok kontrol yang  semula memiliki rata–rata sebesar 53,42 menjadi 60,44 atau terjadi peningkatan sebesar 6,17%. Hasil penghitungan analisis data terjadi perbedaan antara structured dyadic methods (sdm) dan model pembelajaran langsung pada kompetensi memperbaiki sistem kemudi

Keywords

Model Pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM), Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.