PENERAPAN MEDIA BENDA SEBENARNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN CARA PENGGUNAAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI
(1) Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media benda sebenarnya, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi yang diberi perlakuan pembelajaran dengan metode ceramah, dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi setelah diberi perlakuan antara pembelajaran media benda sebenarnya dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode eksperiman dengan pendekatan pre-test post-test control group design. Pengolahan data menggunakan dokumentasi untuk mengetahui seberapa besar nilai rata-rata hasil belajar siwa, perhitungan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dari 3 kelas yang ada, yaitu kelas X TP I sebagai kelas eksperimen, X TP II sebagai kelas kontrol, dan kelas XI TP I sebagai kelas uji coba instrumen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 15.78 dengan peningkatan sebesar 4.5 (39.89%), sedangkan rata-rata nilai belajar kelompok kontrol sebesar 14.69 dengan peningkatan sebesar 3.03 (25.98%).
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.