PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PERBAIKAN SISTEM REM SEPEDA MOTOR

Ajib Maqsudi(1), Masugino Masugino(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Perangkat pembelajaran adalah sarana dan prasarana meteri kurikulum pendidikan dalam menyusun perencanaan pembelajaran, serangkaian perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan dan digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran perbaikan sistem rem yang telah dikembangkan dan mengetahui tanggapan guru terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan adalah research and development (R & D). Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian yang menghasilkan produk tertentu dan menguji kevalidan produk tersebut. Berdasarkan hasil validasi dari validator perangkat pembelajaran perbaikan sistem rem sepeda motor telah valid dengan ratarata nilai total (RTV) silabus=4,3; rata-rata nilai total (RTV) RPP=4,0; rata-rata nilai total (RTV) modul=4,0; ratarata nilai total (RTV)) video = 4,1; dan rata-rata nilai total (RTV)) video = 4,1. Perangkat pembelajaran juga mendapatkan respon yang baik dari guru dengan rata-rata skor angket guru=40,0.

Keywords

fektivitas, Pengembangan, perangkat pembelajaran, sistem rem sepeda motor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.