PENINGKATAN PEMAHAMAN TROUBLESHOOTING KELISTRIKAN ENGINE PGM-FI DENGAN ALAT PERAGA KELISTRIKAN ENGINE

Muryanto Muryanto(1), Winarno Dwi Rahardjo(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar siswa jika menggunakan alat peraga pada proses pembelajaran troubleshooting kelistrikan engine PGM-FI. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan pola pre test-post test control group design. Populasinya adalah siswa Kelas XII Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Kudus yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah sebanyak 35 siswa. Keseluruhan anggota populasi menjadi sampel penelitian yang kemudian dibagi dalam dua kelompok sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitiaan menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan t-test dua pihak menghasilkan thitung > ttabel yaitu thitung 4,56 dan nilai ttabel sebesar 1,69. Pengujian peningkatan hasil belajar dilakukan dengan uji t dan cara deskriptif prosentase yaitu membandingkan selisih antara nilai awal rata-rata hasil belajar dengan nilai akhir rata-rata hasil belajar tiap kelompok. Ini memberikan bukti bahwa pembelajaran dengan menggunaan alat peraga meningkatan nilai post test siswa yang lebih besar.

Keywords

peningkatan pemahaman, troubleshooting, alat peraga kelistrikan engine

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.