PENGEMBANGAN MODEL DIKLAT MENGGAMBAR BERTEMA KONSERVASI PADA GURU TK DI KOTA SEMARANG
(1) Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.
Abstract
Hasil penelitian awal, diketahui babwa program Diklat yang ada, belum ditangani secara professional. Yakni belum menerapkan prinsip-prinsip managemen secara benar, seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Program Dildat yang ada masih bersifat insidental top-down, tidak ada sosialisasi, tidak ada pre-test dan pas-test dan tidak ada monitoring dalam pelaksanaan. Hasil tidak terpantan, Umuk inovasi model diklat menggambar bertema konservasi diperlukan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Jenis penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan produk dan menguji keterandalan produk, Bersifat longitudinal, bertahap-tahap, mengaplikasikan merode Deskriptif (penelitian awal, menghimpun data kondisi yang ada di lapangan), Evaluatif (dalam proses uji coba pengembangan produk), eksperimen (oji keampuhan produk yang dihasilkan). Program diklat menggambar yang barn, ada sosialisasi, peserta dilibatkan dalam FGD (Forum Group Discussion). Ada pre-test dan pos-test. Hasil program diklat yang baru dapat diketahui. Nilai pos-test meningkat pesat, dari nilai pre-test, peserta diklat sebanyak 20 orang 100% berhasil meningkat secara signifikan.
Keywords
Training. drawing, new,results, significant.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Kamsidjo Budi Utomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.