Peningkatan Kualitas dan Kemampuan Belajar Jarak Jauh Mahasiswa Universitas Terbuka

Sri Maulidia(1), Eko Kuswanti(2), Melisa Arisanty(3), Gunawan Wiradharma(4), Widiyanto Widiyanto(5),


(1) Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Terbuka
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka
(3) Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik Universitas Terbuka
(4) Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik Universitas Terbuka
(5) Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik Universitas Terbuka

Abstract

Pembelajaran jarak jauh saat ini menjadi primadona untuk diikuti oleh semua orang. Kondisi pandemi Covid19 menjadi alasan mengapa banyak lembaga pendidikan akhirnya harus memutuskan untuk menerapkan pembelajaran jarak jauh. Saat lembaga pendidikan lainnya belum menerapkan belajar jarak jauh, Universitas Terbuka sudah sejak lama menerapkan belajar jarak jauh tersebut. Kunci sukses belajar jarak jauh adalah implementasi keterampilan belajar mandiri. Masalahnya, menerapkan belajar jauh tidak mudah bagi sebagian besar masyarakat, khususnya mahasiswa Universitas Terbuka sendiri.  Terlebih mahasiswa Unversitas Terbuka berasal dari berbagai kalangan, dari kalangan pejabat pemerintah hingga ada juga anak jalanan yang sangat perlu perhatian dari berbagai pihak. Salah satu yayasan yaitu yayasan Rabbani Sufi Institut Indonesia adalah yayasan yang menaungi peningkatan kualitas hidup anak jalanan. Banyak dari anak jalanan yang dikuliahkan di Universitas Terbuka dengan harapan dalam menunjang kehidupan yang lebih baik. Terkait permasalahan pembelajaran jarak jauh, perlu adanya pelatihan peningkatan kualitas kemampuan atau keterampilan belajar jarak jauh sehingga nantinya mahasiswa yang berasal dari anak jalanan ini bisa sukses kuliah di Universitas Terbuka. Pelatihan ini memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan motivasi dan kualitas kemampuan pembelajaran jarak jauh mahasiswa dari Yayasan Rabbani Sufi Institut Indonesia.

Keywords

peningkatan kualitas; belajar jarak jauh; mahasiswa; anak jalanan

Full Text:

PDF

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.

Akhmadi, Agus. 2020. Evaluasi Pelatihan Jarak Jauh di Masa Pandemi. Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2)

Arnawan, Gede. 2016. Faktor Penyebab Kurangnya Minat Remaja Desa Terhadap Pendidikan Di Perguruan Tinggi ( Studi Kasus Pada Remaja Di Desa Balirejo Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur ). Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Astri, H. 2014. Kehidupan Anak Jalanan Di Indonesia: Faktor Penyebab, Tatanan Hidup Dan Kerentanan Berperilaku Menyimpang. Aspirasi, 5(2)

Azhar, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online. Universitas Terbuka.

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Djuniadi, Widiyanto. (2015). How to: Step by Step Media Pembelajaran dengan Macromedia Flash. Semarang: Swadaya.

Farihah, Irzum dan Saidah, Khoiri Ratus. 2014. Pendidikan bagi Anak Jalanan (Analisis Sosiologis Anak Jalanan di Desa Sosial Kaligelis Kudus. Jurnal IAIN Kudus, 2(2).

Haling, dkk. 2018. Perlindungan Hak Asasi Anak Jalanan dalam Bidang Pendidikan Menurut Hukum Nasional dan Konvensi Internasional. Jurnal Hukum dan Pembangunan, 48(2)

Kamila, Nur dan Affandi, Moch. 2013. Masalah Pendidikan Anak Jalanan di Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Universitas Jember.

Katalog Sistem Penyelenggaraan Universitas Terbuka 2019/2020. (N.D.). www.ut.ac.id

Siahaan, M. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 1 – 3.

Sirait, Sheilla Chairunnisyah. 2017. Tanggung Jawab Pemerintah Untuk Memberikan Pendidikan Kepada Anak Terlantar Dalam Perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak. De Lega Lata, 2(1).

Tim Simlitbangdiklat Kemenag RI, 2020. Pembelajaran Jarak Jauh Covid-19. Jakarta : Litbangdiklat Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Sri Maulidia, Eko Kuswanti, Melisa Arisanty, Gunawan Wiradharma, Widiyanto Widiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.