PENGGUNAAN PORTOFOLIO PADA MATA KULIAH ENGLISH LANGUAGE TEACHING ACROSS CURRICULUM (ELTAC) UNTUK MENDORONG KETERLIBATAN MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN
(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS Universitas Negeri Semarang
Abstract
English Language Teaching across Curriculum (ELTAC) merupakan salah satu dari Kelompok Mata Kuliah pengetahuan dan Ketrampilan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Semarang untuk mempersiapkan lulusannya agar dapat berpartisipasi dalam implementasi ELTAC di Indonesia; yaitu pengajaran content-area subjects atau mata pelajaran konten dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Selama perkuliahan, mahasiswa membaca bacaan wajib dan membuat responnya, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan microteaching, membuat refleksi atas microteaching yang telah dilaksanakan dan atas perkuliahan secara umum. Mahasiswa mendokumenkan proses pembelajarannya dalam bentuk portofolio.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana portofolio dapat membantu meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam perkuliahan. Data diambil melalui jurnal mengajar, refleksi akhir perkuliahan yang ditulis mahasiswa, analisis dokumen, dan konferensi informal dengan beberapa mahasiswa secara individu. Penelitian ini mengungkap bahwa pada tingkatan tertentu, portofolio membantu mendorong keterlibatan mahasiswa dalam perkuliahan ELTAC dan membawa mereka pada pencapaian nilai akhir yang memuaskan.
Â
English Language Teaching across Curriculum (ELTAC) is a course in undergraduate English Education program, Semarang State University. It prepares the graduates to be able to participate in the implementation of ELTAC in Indonesia; the teaching of content-area subjects using English as the medium of instruction. Throughout the course, students are required to read course readings and write the responses, make lesson plans, conduct microteachings, and reflection on their microteaching and on the course in general. In the context of the study, students should document their learning processes in the form of portfolio. The study aims at revealing how portfolio could help promote students’ involvement in the course. Data is gathered through teaching journal, written end-of-course reflection, document analysis, and informal conferences with individual students. The study indicates that students’ involvement in the course is, to some degree, high with the help of the portfolio, resulting in highly satisfactory academic achievement.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Puji Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.