PERENCANAAN LABORATORIUM TATA BUSANA PADA KELAS UNGGULAN PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NEGERI 3 MAGELANG

Widowati -(1),


(1) Jurusan Teknik Jasa Produksi FT Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan manajemen Laboratorium Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pertimbangan bahwa tujuannya adalah memberikan gambaran secara mendetail tentang nilai-nilai yang dikembangkan, sasaran dan tujuan, tahap-tahap, dan evaluasi dalam perencanaan laboratorium. Perencanaan laboratorium tata busana disusun selaras dengan visi, misi, dan nilai-nilai sekolah. Implementasi nilai-nilai sekolah dalam perencanaan laboratorium merupakan upaya seius menjunjung tinggi cita-cita sekolah. Sasaran dalam perencanaan laboratorium tata busana dibedakan menjadi sasaran jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Sasaran perencanaan telah disertakan dalam program kerja yang terdiri dari penentuan personil, pendanaan, dan penentuan alokasi waktu. Perencanaan laboratorium berlangsung melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan oleh guru, pembentukan tim kecil penyusun draft program kerja, dan pembahasan pada forum rapat guru. Evaluasi dalam perencanaan laboratorium dilaksanakan pada saat rapat guru dan saat informal. Semangat dan prinsip yang dikembangkan adalah serius, terbuka, kekeluargaan, dan saling menghargai.

 

The purpose of this study is to describe the laboratory management planning tata busana SMK Negeri 3 Magelang. This study used a qualitative approach with the consideration that the aim is to provide a detailed description of the values that are developed, goals and objectives, phases, and evaluation in laboratory planning. Tata busana laboratory planning is aligned with the vision, mission and values of the school. Implementation of the values of the school in planning the laboratory is an effort seius upholding school ideals. Target fashion lab in the planning can be divided into short-term goals, medium and long term. Planning targets have been included in the work program which consists of the determination of personnel, funding and time allocation. Planning laboratory lasted through several stages, namely planning by teachers, the establishment of a small team drafting the work program, and discussion at the forum meeting of teachers. Evaluation in laboratory planning meeting held at the time when teachers and informal. The spirit and principles developed is a serious, open, familial, and mutual respect.

 

Keywords

planning laboratory; dressmaking; competitive class

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Widowati -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.