PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 3 BATANG

Eminingsih -(1),


(1) Gedung D4 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa kelas VII E di SMP Negeri 3 Batang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua kali siklus tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Batang sebanyak 40 siswa terdiri atas 19 siswa putra dan 21 siswa putri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  hasil belajar siswa pada akhir siklus mengalami peningkatan 95%, sedangkan aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan hingga 94%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya siswa kelas VII E di SMP Negeri 3 Batang tahun pelajaran 2009/2010.

 


This study aimed to determine whether the type STAD cooperative learning model to improve learning outcomes and learning activities in class VII E SMP Negeri 3 Trunk. This study uses classroom action research with two cycles of action. Subjects were students of class VII E SMP Negeri 3 Rods 40 students consisted of 19 boys and 21 girls students. The results showed that the learning outcomes of students at the end of the cycle has increased 95%, while the learning activities of students has increased to 94%. Thus it can be concluded that the application type STAD cooperative model can improve learning outcomes and student learning activities in math class VII E especially in SMP Negeri 3 Trunk academic year 2009/2010.

Keywords

Mathematics learning result Atudent activities STAD model

Full Text:

PDF

References

BNSP. 2007. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Mata Pelajaran: Matematika. Jakarta: Depdiknas

Chamberlin, M.T. et al. 2008. Teachers’ Perceptions Of Mathematics Content Knowledge Assessments In Professional Development Courses. Journal of Mathematics Education/Vol 3 No. 3. October 2008 http:// di www.iegme.com.[1 Juli 2009]

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta: Depdiknas

Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Idris, N. 2009. Enhancing Students’ Understanding In Calculus Trough Writing. Journal of Mathematics Education/Vol.4 No. 1, February 2009 http:// di www.iegme.com.[1 Juli 2009]

Iskandar. 2007. Pembelajaran Tipe STAD untuk Subpokok Bahasan Volum Benda Ruang di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 2 No. 1 Hal 38-49

Noor, F.A. 2007. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Laboratorium Mini untuk Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VII. Jurnal Pend idikan Matematika Volume 2 No. 1 Hal 29-37

Prediger, S. 2008. Do You Want Me To Do It With Probability Or With My Normal Thinking? Horisontal And Vertical Views On The Formation Of Stochastic Conceptions. Journal of Mathematics Education/Vol.3 No. 3, October 2008 http:// di www.iegme.com.[1 Juli 2009]

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta:Kencana

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slavin. 2008. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice.Second Edition. Boston: Allyn and Bacon

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beroreintasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Jakarta. CV IPA Abong

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Eminingsih -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.