PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 3 BATANG
(1) Gedung D4 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa kelas VII E di SMP Negeri 3 Batang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua kali siklus tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Batang sebanyak 40 siswa terdiri atas 19 siswa putra dan 21 siswa putri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  hasil belajar siswa pada akhir siklus mengalami peningkatan 95%, sedangkan aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan hingga 94%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya siswa kelas VII E di SMP Negeri 3 Batang tahun pelajaran 2009/2010.
Â
This study aimed to determine whether the type STAD cooperative learning model to improve learning outcomes and learning activities in class VII E SMP Negeri 3 Trunk. This study uses classroom action research with two cycles of action. Subjects were students of class VII E SMP Negeri 3 Rods 40 students consisted of 19 boys and 21 girls students. The results showed that the learning outcomes of students at the end of the cycle has increased 95%, while the learning activities of students has increased to 94%. Thus it can be concluded that the application type STAD cooperative model can improve learning outcomes and student learning activities in math class VII E especially in SMP Negeri 3 Trunk academic year 2009/2010.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BNSP. 2007. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Mata Pelajaran: Matematika. Jakarta: Depdiknas
Chamberlin, M.T. et al. 2008. Teachers’ Perceptions Of Mathematics Content Knowledge Assessments In Professional Development Courses. Journal of Mathematics Education/Vol 3 No. 3. October 2008 http:// di www.iegme.com.[1 Juli 2009]
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta: Depdiknas
Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Idris, N. 2009. Enhancing Students’ Understanding In Calculus Trough Writing. Journal of Mathematics Education/Vol.4 No. 1, February 2009 http:// di www.iegme.com.[1 Juli 2009]
Iskandar. 2007. Pembelajaran Tipe STAD untuk Subpokok Bahasan Volum Benda Ruang di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 2 No. 1 Hal 38-49
Noor, F.A. 2007. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Laboratorium Mini untuk Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VII. Jurnal Pend idikan Matematika Volume 2 No. 1 Hal 29-37
Prediger, S. 2008. Do You Want Me To Do It With Probability Or With My Normal Thinking? Horisontal And Vertical Views On The Formation Of Stochastic Conceptions. Journal of Mathematics Education/Vol.3 No. 3, October 2008 http:// di www.iegme.com.[1 Juli 2009]
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta:Kencana
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slavin. 2008. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice.Second Edition. Boston: Allyn and Bacon
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beroreintasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka
Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Jakarta. CV IPA Abong
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Eminingsih -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.