Kurikulum Integrasi : Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk Anak

Shoofi Dwi Arini(1), Erny Roesminingsih(2),


(1) UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
(2) Prodi Manajemen Pendidikan , Universitas Negeri Surabaya, Surabaya

Abstract

Kurikulum memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan tujuan dari tiap-tiap komponen pendidikan. Pengembangan kurikulum secara dinamis perlu dilakukan guna menyikapi perubahan yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu kurikulum integrasi hadir sebagai bentuk pengembangan kurikulum yang memadukan antara kurikulum nasional dengan kurikulum yang dimiliki oleh sekolah. Pengembangan kurikulum integrasi tersebut sangat baik diterapkan pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) guna menyeimbangkan kompentensi pengetahuan, keterampilan, dan karakter anak.

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis integrasi kurikulum mengoptimalkan kecerdasan majemuk anak di PAUD. Metode penelitian:  kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data yang sudah diperoleh di analisis lalu di cek keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi dan member check.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan anak dapat dioptimalkan dengan baik melalui proses pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai tauhid pada setiap pengembangan enam aspek yaitu: nilai agama moral, kognitif, bahasa, fisik-motorik, sosial-emosiaonal dan seni. Model pembelajaran yang digunakan sekolah adalah kelas sentra dengan metode pembiasaan diri.

Keywords

Kurikulum Integrasi; Kecerdasan Majemuk Anak; PAUD

Full Text:

PDF

References

Abidin, Z. (2005). Integrasi Ilmu Dan Interpretasi Agama. Bandung: Mizan.

Aisyah, S. (2014). Buku Materi Pokok PAUD: Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Almaidah. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Tauhid Pada Anak Usia Dini Dengan Model Pembelajaran Sentra (Studi Kasus Pendidikan Agam Islam Di TK Yaa Bunayya Surabaya). Surabaya: Universitas Muhammadiyah Pers.

Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65. Retrieved From Repository.Ut.Ac.Id/4697/1/PAUD4107-M1.Pdf.

Amstrong. (2002). Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelligences Di Dunia Pendidikan. Bandung: Kaifa.

Budiningsih. (2005). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Drake, S. (2013). Menciptkan Kurikulumterintegrasi Yang Berbasis Standar (III). Jakarta: PT Indeks.

Drake, S., & Reid, J. (2018). Integrated Curriculum As An Effective Way To Teach 21st Century Capabilities. Asia Pacific Jorunal Of Educational Research, 1(1), 31–50. Https://Doi.Org/10.30777/Apjer.2018.1.1.03

Howard Gardner. (2013). Multiple Intelligences. Jakarta: Daras Book.

Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jamal, M. (2009). Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Khurin. (2014). Profile KB-TK Yaa Bunayya Tahun 2014-2015.

Maleong, L. (2007). Metodelogi Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mansur, A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Wahyu. Bandung: Gaung Persada.

Panca, E. H. (2017). Agar Anak Senang Belajar. P. 12. Retrieved From Http://Www.Lampost.Co/Berita-Agar-Anak-Senang-Belajar

Risti, V. (2014). Role Of Parent Involvement In Early Childhood Program Overview From Reggio Emilia Approach In Yogyakarta. Dalam Adriani, V. (Penyunting). Proceeding Of International Conference Of Early Childhood Education (ICECE). Bandung: Prodi PG PAUD, FIP Universitas Pendidikan Indonesia.

Setiadarma, M. P. Dan F. E. (2003). Mendidik Kecerdasan. Jarkata: Pustaka Populer Obor.

Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tejaningrum, D. (2014). Pengembangan Alat Permainan My Costume Untuk Menstimulasi Kecerdasan Visual-Spasial Pada Anak Usia Dini Autis. Inklusi, 1(2), 135. Https://Doi.Org/10.14421/Ijds.010201

Undang-Undang Dasar. (N.D.). In Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003.

Wartini, A. (2015). Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Keindonesiaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini Upaya Integrasi Ilmu Ke-Islaman Dan Karakter Kebudayaan Indonesia (Studi Kasus Di Sanggar Anak Alam Yogyakarta). Toleransi, 7(1), 35–52. Https://Doi.Org/10.24014/Trs.V7i1.1420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Shoofi Dwi Arini, Erny Roesminingsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.